Welcome to My Blog!

Thursday, November 10, 2016

Empat Tahun Saja gak boleh lebih


Last time gue janji bakal ngepost perjalanan karir gue semasa di universitas .(re: kuliah) Oke kita akan mulai dari masa orientasi gue di kampus dan akan berakhir di masa gue menulis blog ini but first lemme introduce ma self.
Hi there, my friends usually call me ; losari, amelya, amel, but you can call me amel. Jadi, gue adalah mahasiswi salah satu universitas islam negeri di Lampung, yaa nama universitasnya gak beda dengan nama bandara di Lampung (You can
search in google). Gue sekarang umur 21 tahun 3 bulan. Gue ber-gender perempuan tulen no tipu-tipu, minat? Chat  aja *LAHKOK. Gue gak akan cerita mendetil tentang profil gue karena mungkin gak penting tapi yang jelas gue lahir bertepatan dengan tanggal Hari Anak Nasional,bahahahaks. Sekarang umur gue 21 tahun, mari kita flashback ke 4 tahun yang lalu.
.
.
.
Agustus, 2012
Gue lupa ini tanggal berapa yang gue tau ini hari pertama gue KULTA(Kuliah Ta’aruf) yang umum disebut OSPEK di universitas lain. You know? Gue wanita tegar, hari pertama pun gue berangkat sendiri ke kampus hijau itu, asli kampusnya warna hijau karena masih asri banyak pepohonan. Gue diterima di kampus ini sebenarnya gue disuruh sama orangtua karena gue ngerasa hidup gue masih ditangan mereka, dari SD sampai  sekarang pun masalah sekolah mesti banget dari arahan mereka. Haha pada dasarnya karena gue gak diterima di universitas lainnya di luar pulau sumatera sih wakakak. Tapi pernah kok gue diterima jalur undangan di universitas swasta di jogja yang terkenal banget ituloh, you know-lah. Tapi gue gak dibolehin juga karena mahal, jauh, mengingat kondisi yang lain juga, gue anak pertama juga masih piyik-piyik mungkin karena masih 17 tahun, hiks.
Hari pertama kulta, baris bebaris di halaman depan kantor rektorat . bah! Ramai sekali manusia ini yang mau menuntut ilmu ya! Mengangumkan! Aku senang, karena ramai haha. Then, gue yang berjiwa pemimpin saat itu gue baris di paling depan dong, walaupun gak paling depan ya yang pasti di depan (jiwa mahasiswa baru yang menggebu-gebu). Eeh ada yang ngajak kenalan nih, pertama cewek karena gue baris di barisan cewek -_-
Kawan pertama gue itu namanya Sivia kurang L, dia suka juga baris di depan dan heboh gitu sedangkan gue pendiem, kalem, diajak ngomong duluan baru ngomong gue, introvert sepertinya. -,-
Kawan kedua gue itu namanya Eni kurang L juga sih, doi mirip hampir banget sama Sivia wataknya. Ternyata Sivia dan Eni itu pernah satu sekolah sewaktu SMP -_- enak banget ada kawan SMP, pikir gue. Hari ini kita jadi bertiga, harus kalian tahu bahwa postur tubuh kita ini mungil, slim, kurus lebih tepatnya. Hahhaha
Hari kedua, bertiga baris di depan nih, eh gue ketemu dua orang kawan SMP gue yang ternyata ngambil prodi yang sama dengan gue wkwk  they are Ida, dan Mar. Mereka asli kawan SMP gue, kawan sekelas selama tiga tahun di SMP.  Jadi hari ini kita baris berempat, karena si Mar sama kawan barunya wkakka.
Hari demi hari dilalui, pasca Kulta kita digiring ke program jurusan dan ternyata ada placement test untuk menentukan kita masuk di kelas apa. Gue ambil prodi pendidikan bahasa inggris, angkatan 2012, dapet kelas A. Dari kawan-kawan gue pertama kulta itu cuma Sivia, Ida, Mar yang sekelas gue. Entah kok bisa begituh, mungkin jodoh wkakak.

September, 2014
Satu, dua, tiga semester anggota nambah, formasi jadi lima, Sivia, Ida, Mar, Ila kurang D, dan gue. Smester empat, lima, sampai sekarang masih berlima formasinya. Pas semester lima ceritanya kita akan mengadakan KKL(Kuliah Kerja Lapangan) dan nyatanya Cuma jalan-jalan wkakak. Ba’da semester lima, satu angkatan punya program tersebut diatas pergi tour ke Pare-Bali-Jogja-Jakarta dalam 10 hari kalo gaksalah kalo gue gak lupa tapi kayaknya bener -_-
Pare, kampung inggris, Bali ya ke Bali numpang bobo sama pipis sama ke tj.benoa sama ke kuta, sama ke lupa gue haha yang jelas gue sangat menikmati perjalanan itu. I love you!
Basically, gue suka jalan-jalan jadi mau seberapa jauh perjalanan kalo ada temen yaa tetap menyenangkan haha. Back to topic.
I dunno mungkin gue belum cerita kalo gue juga punya teman pria sejak awal kulta. Gue gak mau sebut nama dia disini mmungkin gue samarkan dengan nama ‘Jagdish’ :3

Juli, 2015
Selain gue kenal sama 4 orang wanita saat kulta yang dekat sampai saat ini, gue kenal beberapa pria seangkatan gue pas kulta, ada beberapa sih gak banyak ya Cuma temen loh. Ada yang jadi temen sekelas gue ada yang enggak. Jagdish ini termasuk yang gak sekelas gue, asli sumpeh gue baru kenal dia pas kulta, gak lebih gak kurang. Finally kita berteman sampai semester akhir, ya emang deket loh, mungkin Cuma dia pria yang paling deket sama gue yang bisa konyol, did fucking message, kind, i’m lucky to have you!  You! Cuma you yang bisa luluhin hati ai :’D Cuma yu yang bisa begini hhahaha Cuma yu, Cuma yu lah yaaa. Deket dari awal kulta tapi lebih intens di semester  lima, enam dan sekarang. I love you! Sampai gue gak sadar udah mau empat tahun lebih kita kenal, wajar kalo gak bisa jauh, terlalu banyak hal yang kita lewatin bareng. Terlalu. Banyak.

Januari, 2016
Semester akhir tiba, skripsi jadi momok bagi semua mahasiswa tingkat akhir yang punya beban, terbebani dan terpikirkan. Pasti. Tertekan pula. Jadilah.
Gue termasuk mahasiswa yang disebutkan diatas. Gue terima judul proposal januari 2015 tetapi gue kandas karena masih ada mata kuliah KKN(Kuliah Kerja Nyata) dan PPL(Praktek Pengamalan Lapangan), KKN memakan waktu 40 hari belum termasuk ngerjain laporannya selama sebulan, lalu lebaran dipotong jadi dua bulan, setelah itu dilangsungkanlah PPL tersebut dimana gue dapet sekolah yang jauh dari rumah sendiri dan gue gaktau lokasi sekolah ter-favorit di Bandar Lampung ini. Parah.
Total gue mulai garap skripsi pada januari 2016, dapet dosen pembimbing dua yang masih muda kebetulan beliau wanita baru menikah hihi. Lalu, dosen pembimbing satu yang sudah berkeluarga dan punya anak, beliau pria, hm.
Okefix, gue bimbingan dengan penuh semangat yang beneran gak bohong. Ibarat balapan sama yang lain gituh biar bisa mengiringi mereka juga. Dosen pembimbing dua ini press gue banget gimana caranya dapet teori,teori,teori yang kuat yaitu dari buku atau jurnal. Ya Allah gue nyari teori berbulan-bulan, pas kepepet baru ketemu! Disitu saya merasa sedih dan kesel. Teori nemu, dan dikit lagi ACC, akhirnya beneran di ACC bulan April, langsung deh gue bimbingan sama dosen pembimbing dua yang katanya beliau kalau bimbingan Cuma seminggu sekali dan satu kali meeting itu dikoreksi per-lembar. Madafaka! Gue ga percaya sampai gue yang mengalami sendiri.

Meeting pertama dengan dosen pembimbing satu, jam 15.00 WIB.
“Apa judul kamu?” tanya dospem satu gue.
“The influence of using bingo game towards students vocabulary, sir”
“apa itu bingo? Coba jelaskan ke saya”, logat orang semendo itu. Gue pun jelasin, gue itu jelasin deg-deg an setengah mati loh sumpah. Beliau orangnya emosian, paling gak bisa liat mahasiswa gak bisa jawab pertanyaan dia.
“udah sampe sini dulu, benerin dulu ini. bimbingan seminggu sekali, hari kamis atau senin.”
That’s right! Meeting pertama, proposal gue dikoreksi cuma tiga halaman! Gue kaget, kesel, oh shit men kenapa begini ceritanya!
Lambat laun gue terima, gue akui dia ketat untuk koreksi proposal anak bimbingannya biar keliatan bagus, ilmiah, high quality,berdedikasi tinggi . April, Mei, Juni.
Juni, gue baru di acc proposal! Daftar ! keluar jadwal nya lamaaaa karena pas daftar juga baru gue yang daftar! Oh my! Oke gue tunggu sampe dua minggu baru deh keluar jadwal. Gue dapet tanggal 19 Juni 2016 untuk ujian seminar proposal. Kawan gue ujian Munaqosyah (pada umumnya disebut sidang akhir), lah gue baru seminar proposal. Ya allah apa banget ini.
Agustus gue penelitian, garap bab empat dan lima. Langsung bimbingan (lagi) dengan dospem dua, tiga kali dengan doi. Lalu, ke dospem satu yang makan waktu sebulan atau empat kali. Baday bener emang yang satu itu super ketat. Gak mau banget ada cacat di skripsi ini, ya bagus sih Cuma kan gue juga dapet tekanan dari orang rumah gimana caranya wisuda tahun ini yang pada nyatanya mereka gak tau kalo bimbingan, ketemu dospemnya itu sulit, mesti seminggu sekali karena gue pernah nyoba diluar hari peraturan yang dia buat dan dia gak mau, malah gue kena marah,
“ini hari apa?”, sambil melotot.
“senin,sir”.
“kamis bimbingan”. Tegas dia. Sakit boy hahaha ditolak padahal berniat baik untuk mencerdaskan bangsa. Ckck
Oke tapi gapapa, awal oktober gue ACC untuk Munaqosyah. Gue langsung daftar hari itu juga, Jumat. Posisinya urgent kalo gak bisa telat banget. Senin, 16/11/2016 jadwal Munaqosyah gue keluar! Dan gue dapet jadwal hari kamis jam pertama !! oh my! Ini urgent namanya! Senin keluar jadwal, kamisnya sidang haha.

Kamis, 20 Oktober 2016

Tuhan, cepatlah jam 1 siang. Kumohon perlancar saja, percepat sidangnya. Berikan aku yang terbaik Tuhan. Aamiin
Asli dag dig dug duerrr gak karuan, udah gak enak makan lagi dua hari belakangan ini. Apa yang dimakan, keluar lagi. Parah. Stress ringan. Gue usahain siang ini, sidang kali ini berjalan lancar dan bisa menghadapi penguji yang pada intinya emang Cuma nguji doang, ngetes kita doang. Haha asal kita belajar dan kita bener-bener ngerjain itu skripsi sendiri pasti tau jawabannya. Yakin Allah itu ada untuk kita selalu.

13.00 WIB
Ya Allah kok gak mulai-mulai sidangnya sih udah jm satu lewat seperempat ini. Para dosen malah lagi makan-makan ternyata ada traktiran dari profesor yang sedang ulangtahun. Hmm
Sidang dimulai 13.30 WIB, pertama dingin tangan gue, gimana gak sih kalo gue salah ntar fatal malah dibantai haha. Tapi semua itu hilang di tengah jalan dan karena ada kalian maka aku merasa tenang. Alay. :D
Sidang gue bentar banget, selesai jam 14.15, keluar bentar nunggu pengumuman, kelar2 jam 14.30 teng. Alhamdulillah ya Allah lancar! Sidang yang selama ini, selama empat tahun lebih ditunggu akhirnya selesai juga dan bisa ngelewatinnya.
I give thanks to Allah, to my parents i love you! You are so amazing! Your praying save me today and all day and after. You make me under pressure.
To my friends, my ALY48 yang kawanan dengan formasi lima. Makasih, you save me this year to finish my skripshit. Haha you did well guys!
I dunno why i can’t stop this tears now. As i know, i can’t forget all the things we did,we had, we made. Too much, too long to be forgoten.

10 November 2016
Tamat hidup gue, karir gue di kampus. Cukup sampai sini. Gue bakal kangen yang empat tahun silam. Ibarat, kangen sekangen-kangennya manusia pada orang yang udah tiada. Gue pengen balik ke lokal tempat gue belajar dulu, kangen anak-anak kelas EED Class A 2012 yang konyol, kalian tau gak sih? Ternyata watu cepat berlalu ya. Waktu tak kenal kita tapi kita kenal mereka, atau kita yang terlalu kenal mereka sampai terlena dibuatnya, sampai gak sadar kalo mereka beneran bakal membunuh kita perlahan dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya jam pasir jaman kuno. T_T
Oke sejak tanggal 10 November 2016 pun gue udah sah jadi alumni kok.

Your Love,

Amelya Losari.

No comments:

Post a Comment

Pages